Jumat, 15 Februari 2013

Sistem Informasi Akademik Online

PROPOSAL SISTEM INFORMASI AKADEMIK ONLINE UNTUK 
SEKOLAH DAN MADRASAH 

A. PENDAHULUAN
Salah satu hal yang merupakan tolok ukur baik tidaknya pelaksanaan kegiatan akademik adalah adanya sistem yang berjalan dengan lancar dan memberikan dampak positif bagi seluruh elemen akademik yang ada. Agar sistem lebih optimal, pemanfaatan Teknologi Informasi (TI) dapat diterapkan dalam hal ini. Di era teknologi sekarang ini, pemanfaatan teknologi untuk membantu terciptanya lingkungan akademik yang lebih baik adalah hal yang sangat wajar, karena keberadaan teknologi sudah sangat dekat di hampir semua elemen akademik. Pemanfaatan IT dalam hal ini salah satunya adalah penggunaan software (perangkat lunak) yang dapat membantu pengelolaan akademik. Adalah Sistem Informasi Akademik Online, yang dapat membantu pengelolaan dan kelancaran proses akademik tersebut. Sistem ini mengutamakan kecepatan proses, keakuratan dapat dilakukan dimana saja karena berbasis web.

B. KEUNGGULAN SOFTWARE NEWBASE
1. User Friendly Desain program dengan tampilan menu dirancang khusus sehingga mudah dioperasikan oleh pemula sekalipun.
2. Step by Step Building Aplikasi yang kami bangun dibuat secara bertahap satu persatu, sehingga dapat disesuaikan dengan kemampuan guru untuk meng-operasikan aplikasi secara bertahap juga.
3. Web Based Aplikasi ini berbasis web sehingga dapat diakses dari komputer mana saja didalam gedung selama terkoneksi dengan jaringan LAN lokal, dan dapat diakses dari komputer manapun di dunia bila terkoneksi dengan jaringan internet. Hal ini jelas akan mempermudah pengguna, dalam hal interaksi dengan software ini.
4. Sistem Telah Teruji Seringkali pengguna software terjebak pada bug atau error yang terjadi pada saat menggunakan software NEW BASE ini , hal itu terjadi karena tidak terujinya software yang digunakan. Software yang kami tawarkan ini telah teruji di beberapa kampus dan sekolah di Surabaya.
5. Multi OS Aplikasi berbasis web dapat dijalankan dari sistem operasi apa saja dan bahkan dapat diakses dari handphone yang mempunyai fasilitas internet.
6. SMS Gateway Support Dengan dukungan sms gateway, pengguna dapat berinteraksi dengan program aplikasi. Sebagai contoh dalam pengumuman kegiatan sekolah dan atau kegiatan siswa, dapat dengan melakukan pengiriman sms ke program aplikasi, siswa dan orang tua akan menerima pengumuman tersebut.
7. Easy Integration Mudah diintegrasikan dengan Portal atau website yang lain. Hal ini akan mendukung program sistem informasi sekolah yang terintegrasi yang sedang di galakkan oleh pemerintah.
8. Easy Installation Aplikasi yang kami buat cukup diinstal di server atau hosting, untuk selanjutnya langsung dapat diakses dari komputer yang lain tanpa harus melakukan instalasi pada komputer pengakses.
9. Editable Source Code & Easy Upgrade Dalam pembuatan program aplikasi kami membuat dengan kode dengan konsep yang mengedepankan kemudahan pengembangan sistem baik dari pihak kampus maupun dari pihak kami. Hal ini ditujukan agar sistem dapat berjalan sesuai dengan perubahan jaman.
10. Public Database & Easy Integration Kami menggunakan database standar Internasional yang banyak digunakan aplikasi lain sehingga memudahkan integrasi dengan aplikasi lain atau pengembangan oleh vendor lain.
11. Self Building Application Aplikasi kami buat sendiri tanpa melibatkan pihak ketiga dan disertai dokumentasi yang baik, sehingga apabila ada bugs atau penambahan fitur maka dengan mudah dan cepat kami selesaikan.
12. Modul atau Buku Panduan Sebagai pegangan untuk mengoperasikan software ini, kami melengkapi software dengan buku panduan yang disusun secara sistematis sehingga memudahkan pengguna dalam mengoperasikan software.
13. Garansi Untuk penjaminan produk dari kerusakan atau error program, kami memberikan garansi 1 tahun dimulai dari serah terima program. Garansi tersebut berupa pembenahan software dari segala jenis kerusakan, dan tidak ditambah biaya apapun.

C. RUANG LINGKUP
1) Melakukan perencanaan dan persiapan
2) Melakukan pengumpulan data yang diperlukan untuk pembuatan software.
3) Pengadaan sarana kerja yang dibutuhkan sesuai skala prioritas yang telah ditentukan
4) Menganalisis kegunaan sarana kerja dalam menunjang dan membantu proses perencanaan pembuatan software

D. TUJUAN
Ada beberapa hal yang menjadi tujuan dari pembuatan sistem ini Sejalan dengan maksud kegiatan, maka tujuan yang hendak dicapai adalah:
1) Data dapat disimpan rapi dan ditampilkan kembali dengan mudah dan cepat apabila diperlukan.
2) Dengan menyediakan sarana informasi yang memadai dan diharapkan semua pihak yang terkait dapat mengakses informasi akademik dengan mudah dan sesuai dengan kapasitasnya.
3) Memudahkan sekolah untuk membuat data Epsbed (Evaluasi Program Studi Berbasis Evaluasi Diri).
4) Mendukung terselenggaranya sistem belajar mengajar yang lebih berkualitas.

1. FITUR / MODUL SISTEM 
Sistem yang kami buat mempunyai banyak fitur yang dapat memudahkan untuk pengelolaan data. Selain fitur yang ada, kami dapat juga menambahkan fitur-fitur tambahan jika dibutuhkan. Berikut ini fitur /modul sistem yang dimiliki, yaitu :
1) Fitur /Modul Administrator:
     - Ubah password
     - Manajemen User
     - Manajemen Guru
     - Manajemen Siswa
     - Pesan
Fitur /Modul ini adalah mengatur semua user baik siswa,guru,pimpinan ,ortu tentang otoritas penggunanan hak dalam memakai suatu aplikasi tersebut dan bisa menerima kritikan atau masukan dalam memakai aplikasi dengan menggunakan menu pesan.

2) Fitur / Modul Pimpinan
    - Ubah Password
    - Ubah Foto
    - Report Absen Siswa per kelas
    - Report Siswa per Tanggal
    - Report Guru Mengajar per Tanggal
    - Report Guru Belum Input Absen
    - Report Grafik Pengunjung
    - Report Grafik Rata-rata Nilai Pelajaran
    - Pesan 
Fitur / Modul Pimpinan itu hanya berupa report atau laporan dalam suatu pekerjaan, sehingga pimpinan bisa mengambil suatu kebijakan dalam memutuskan suatu pekerjaan yang didasarkan oleh data.

3) Fitur / Modul Operator (Kurikulum)
a. Menu Master
    - Ubah Password
    - Ubah Foto
    - Tahun Pelajaran
    - Pelajaran
    - Pekerjaan 
    - Komponen Nilai 
    - Agama 
    - Ekstrakurikuler 
    - Kelas Siswa 
    - Jenjang Pendidikan 
    - Penghasilan 
    - Jam Pelajaran 
b. Menu Pendaftaran 
    - Registrasi Siswa 
    - Orang Tua 
c. Menu Akademik 
    - Roster Pelajaran 
    - Wali Kelas 
    - Guru Mengajar 
    - Guru Piket 
    - Roster Ekstrakurikuler 
    - Pelajaran Siswa 
    - Jadwal Pelajaran 
    - NISN Siswa 
    - KKM 
    - Jam Mengajar Guru 
    - Nilai Siswa 
    - Nilai Kelas 
d. Guru Piket 
    - Jurnal Kelas 
    - Absen Siswa 
    - Jadwal per Hari  
    - Hapus Absen Guru 
    - Pencarian Siswa 
    - Pencarian Guru 
Fitur / Modul Operator ini sangat komplek karena semua kegiatan akademik diatur di modul operator. Sehingga dapat dipastikan apabila modul operator tidak berfungsi dengan baik , maka semua kegiatan akademik akan tidak stabil.

4) Fitur /Modul BK 
    - Ubah Password 
    - Ubah Foto 
    - Siswa Terlambat 
    - Siswa Kasus 
    - Pencarian Guru 
    - Pencarian Siswa 
Fitur / Modul BK berfungsi sebagai pendataan siswa yang berkaitan dengan permasalahan siswa tersebut.

5) Fitur / Modul Guru 
    - Ubah Password 
    - Ubah Foto 
    - Update Biodata
    - Jadwal Mengajar 
    - List Materi Pelajaran 
    - Input Absen 
    - Input Nilai 
    - Pencarian Siswa 
    - Pesan 
Fitur / Modul Guru berfungsi sebagai memasukan absen dan input nilai siswa, dan juga melihat jadwal guru mengajar dan juga melihat materi pelajaran yang disampaikan ke siswa, dan bisa menerima pesan dari siswa maupun guru-guru lainnya.

6) Fitur / Modul Wali Kelas 
     - Ubah Passwaord 
     - Ubah Foto 
     - Update Biodata 
     - Jadwal Mengajar 
     - Jadwal Kelas(Wali) 
     - List Materi Pelajaran 
     - List Materi Kelas(Wali) 
     - Input Absen 
     - Input Nilai 
     - Ekstrakurikuler Siswa(Wali) 
     - Kepribadian Siswa(Wali) 
     - Rangking Kelas 
     - Rangking Paralel 
     - Pencarian Siswa 
     - Pesan 
Fitur / Modul Wali Kelas hamper sama dengan modul guru, tapi modul ini bersifat khusus, karena menangani satu kelas saja. Dan modul ini menampung kegiatan siswa dan rangking siswa dalam kelas tersebut. Menu pesan tersebut dapat digunakan untuk mengirim pesan ke siswa,guru dan orang tua siswa.

7) Fitur / Modul Guru Piket 
a. Menu Guru 
      - Ubah Password 
      - Ubah Foto 
      - Update Biodata 
      - Jadwal Mengajar 
      - List Materi Pelajaran 
      - Input Absen 
      - Input Nilai 
      - Pencarian Siswa 
      - Pesan 
b. Guru Piket 
      - Cek Guru Mengajar 
      - Jurnal Kelas 
      - Jadwal Hari Ini 
      - Absen Siswa per Kelas 
      - Pencarian Siswa 
      - Pencarian Guru 
Fitur / Modul Guru Piket berfungsi sebagai mengontrol kegiatan proses pembelajan akademik baik dari siswa maupun guru.

8) Fitur / Modul Siswa 
      - Ubah Password 
      - Ubah Foto 
      - Update Biodata 
      - Lihat Absensi 
      - Lihat Nilai 
      - Pesan 
Fitur / Modul Siswa berfungsi untuk melihat hasil inputan absensi dan nilai oleh guru mata pelajaran dan juga bisa mengirimkan pesan ke teman siswa maupun ke guru wali kelas ya saja.

9) Fitur / Modul Orang Tua 
      - Ubah Password 
      - Ubah Foto 
      - Update Biodata 
      - Lihat Absensi 
      - Lihat Nilai 
      - Pesan 
Fitur / Modul Orang Tua berfungsi melihat hasil belajar dari putra / putri siswa dalam semesteran dan juga bisa kirim pesan ke anak sendiri dan wali kelas.

10) Fitur / Modul TU 
      - Ubah Password
      - Ubah Foto 
      - Pencarian guru 
      - Pencarian Siswa 
Fitur / Modul TU berfungsi sebagai mengecek kelengkapan biodata siswa dan guru.

2. GAMBARAN SISTEM 
Software diinstall di server utama yang telah disediakan. Database diinstal di server utama dan juga di server slave sebagai backup data otomatis dengan menggunakan sistem replikasi. Setelah software dan database terinstall dengan baik, selanjutnya administrator yang telah ditunjuk dapat melakukan pengaturan pada sistem informasi akademik.  Administrator dapat menginputkan data-data user yang akan digunakan untuk kegiatan akademik, diantaranya seperti, input data siswa, input guru, orang tua lain sebagainya. Guru dapat melakukan input nilai berdasarkan mata pelajaran yang diampunya, dan juga melakukan bimbingan dengan siswa yang menjadi bimbingannya. Laporan data nilai dan yang berhubungan dengan guru (sesuai hak akses) dapat dicetak oleh wali kelas . Siswa dapat melihat absen dan nilai akademik ya dilakukan oleh guru mata pelajaran dan juga bisa berkirim pesan kepada teman kelas dan wali kelas , apabila ada suatu permasalahan yang yang akan dipecahkan. Orang Tua damapt melihat hasil belajar ya putra/putrid ya di dalam kelas tersebut dan juga bisa berkirim pesan ke wali kelas.

3. KELUARAN YANG DIHASILKAN
    - Report Presensi Siswa per kelas
    - Report Presensi Siswa per Tanggal
    - Report Guru Mengajar per Tanggal
    - Report Guru Belum Input absent Siswa
    - Report Rangking Kelas & Paralel
    - Report Kegiatan Siswa
    - Rapot Siswa
    - Grafik Rata-rata Nilai Pelajaran
    - Grafik Pengunjung
    - Terjalin komunikasi antara Ortu , Guru, Siswa melalui Menu Pesan

4. FASILITAS PENDUKUNG
Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam pembuatan software, dibutuhkan peralatan-peralatan pendukung sebagai berikut:
  1. 1 Unit Komputer Server Utama 1
  2. 1 Unit Komputer Server Slave (opsional) 
  3. 1 Unit Komputer Operator (administrator) 
  4. 2 Unit SWITCH Wireless  

5. KEBUTUHAN STAF PENDUKUNG
Agar sistem informasi akademik berjalan dengan lancer, dibutuhkan beberapa orang staf pendukung/operasional diantaranya adalah:
  1. Network Enginer (bagian jaringan) 
  • Melakukan pekerjaan instalasi komputer. 
  • Memasang jaringan untuk menghubungkan antar komputer baik lokal maupun internet. 
  • Bertanggung jawab pada segala jenis gangguan yang terjadi pada jaringan. 
     2.  Operator komputer (administrator dan operator)
  • Merupakan administrator dan operator sistem informasi akademik, yang mempunyai tugas melakukan input data dan pengelolaan semua data pada sistem informasi akademik. 
  • Melakukan pencetakan laporan-laporan yang dibutuhkan. 
6. RENCANA DAN KONTRAK KERJA 
Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam pembuatan software ini, maka disusun langkah-langkah pengerjaan sebagai berikut: 
  1. Kepemilikan Program : Program aplikasi dimiliki oleh pihak pengembang, sehingga pemakai program tidak berhak menyebarluaskan tanpa persetujuan dengan pihak pengembang.
  2. Tahap persiapan 
  • Pengumpulan data mentah. 
  • Mendapatkan sumberdaya perangkat lunak 
    3. Tahap Pembuatan o Membuat database 
  • Membuat kode/skrip program berdasarkan rekomendasi dari analis software dan programmer database.
  • Membuat tampilan/interface software agar lebih menarik dan mudah digunakan. 
    4. Tahap Instalasi o Melakukan pekerjaan instalasi software hingga dapat digunakan. 
    5. Tahap pemeriksaan software dan sistem 
  • Memeriksa software dan mencocokan dengan data manual.  
  • Mencoba software dari segala kemungkinan kesalahan dari operator (administrator). 
  • Memeriksa sistem keamanan jaringan agar tidak bisa disadap atau disusupi oleh orang lain. 
  • Memperbaiki sistem yang masih terdapat kesalahan. 
   6. Tahap Training 
  • Menyusun modul pelatihan dan sosialisasi software. 
  • Memberikan pelatihan kepada operator (administrator). 
   7. Tahap Monitoring 
  • Memeriksa pekerjaan operator dan memastikan bahwa operator tidak mengalami kesulitan dalam bekerja. 
    8. Tahap Garansi 
  • Tanggal awal garansi produk aplikasi dimulai setelah tahap serah terima software sistem informasi akademik.
  • Garansi berakhir 1 tahun dimulai dari tanggal yang telah ditentukan. 
  • Ketika masa garansi, segala kerusakan program yang terjadi akan dibenahi oleh pengembang (tidak termasuk kerusakan data yang terjadi diluar penggunaan sistem) 
    9. Sistem Pembayaran. 
        a. Penandatanganan Kontrak 25%                                       Rp. 12.500.000  
        b. Program Jadi (Pemasangan program) 50%                       Rp. 25.000.000 
        c. Selesai Pelatihan dan Serah Terima Software 25%            Rp. 12.500.000 
                                Total Pembayaran                                        Rp. 50.000.000 

7. HASIL 
    Hasil dari kerjasama pembuatan software sistem informasi akademik ini adalah berupa :  
    1. Terinstallnya dengan baik Software aplikasi ini. 
    2. Buku manual cara penggunaan software 
    3. CD yang berisi software dan manual 

8. PROFIL USAHA 
MBC Indonesia adalah salah satu penyedia jasa di bidang IT yang melayani beberapa permasalahan dalam jaringan komputer dan software pendidikan, diantaranya: 
1. Jasa Instalasi Jaringan : 
  • Instalasi Wireless LAN ( Wifi / Hotspot ). Untuk Hotspot H o t e l , t ama n , kampus, sekolah, instansi, cafĂ© dan warnet. 
  • Instalasi Local Area Network (LAN) Contoh : Lab computer atau warnet. 
  • Maintenance LAN dan WLAN. 
2. Jasa Instalasi CCTV meliputi : 
  • Instalasi Kamera CCTV , IP Cam 
  • Setting Server CCTV, DVR 
  • Instalasi Kabel RG 59, R 45 
3. Software house 
  • Membuat software sesuai dengan kebutuhan 
  • Sedia aplikasi software pendidikan : Sistem Informasi PPDB Online Mandiri,  Sistem Informasi AKADEMIK ONLINE DAN  Sistem Informasi   UJIAN ONLINE 
Untuk keterangan lebih lanjut segera hubungi kami 
MOCH IMAM HANAFI (08563024123, 081332939881 )
MBC INDONESIA Jl. Medayu Utara XVII Graha Indah D 12 Surabaya 031 81983228 
Website : www.mbc-indonesia.net , www.newbase100.com Email: midbrain.c@gmail, newbase100@gmail.com 

9. PENUTUP
Demikian beberapa hal yang kami sampaikan dalam proposal ini. Jika ada beberapa hal yang kurang jelas, bisa ditanyakan melalui telepon, e-mail, atau kami datang ke tempat anda. Atas perhatiannya kami sampaikan terima kasih 

Referensi Pengguna 
1. Madrasah Aliyah Negeri Surabaya

Screenshot dan Penjelasannya 


Picture 1. Web Server Akademik Online 

1) Fitur /Modul Administrator: 
Fitur /Modul ini adalah mengatur semua user baik siswa,guru,pimpinan ,ortu tentang otoritas penggunanan hak dalam memakai suatu aplikasi tersebut dan bisa menerima kritikan atau masukan dalam memakai aplikasi dengan menggunakan menu pesan . 
  • Ubah password: untuk mengubah password default dengan password yang dikehendaki (gunakan huruf dan angka dalam pembuatan password).
  • Manajemen User : input user dan hak akses, hak akses ada 5 kategori: Admin, Pimpinan, Operator (kurikulum), BK dan TU
Picture 2. Manaj User 

 Picture 3. Manaj User halaman akhir 

  • Manajemen Guru : input seluruh guru yaitu NIP dan nama, untuk login guru masuk dengan NIP. Jika ada penambahan klik Tambah 
Picture 4. Manaj Guru  

  • Manajemen Siswa : input siswa yaitu no induk dan nama, untuk siswa login menggunakan no induk dan sesuaikan dengan tingakat kelas 
Picture 5. Manaj Siswa 

  •  Pesan: sarana komunikasi kepada Pimpinan, guru dan seluruh siswa. 
Picture 6. Pesan


2) Fitur / Modul Pimpinan 
Fitur / Modul Pimpinan itu hanya berupa report atau laporan dalam suatu pekerjaan, sehingga pimpinan bisa mengambil suatu kebijakan dalam memutuskan suatu pekerjaan yang didasarkan oleh data. 


Picture 7. Home Pimpinan


A. Menu Pimpinan 
  •  Ubah Password 
  • Ubah Foto 
  • Pembagian Kelas (Siswa Baru) : Pimpinan (Kepala Sekolah) menentukan kelas dan jumlah siswa baru dalam kelas. 
Picture 8. Pembagian Kelas Siswa Baru 

Picture 9. Halaman Akhir Pembagian Kelas Siswa Baru 
  • Pembagian Kelas : pembagian kelas dan jumlah siswa per kelas 11 dan 12. 
  • Pesan 
B. Report 
  • Report Absen Siswa per kelas : melihat keberadaan siswa kehadiran di sekolah dan juga memantau kedisiplinan guru dalam mengabsen siswa. Jika siswa terlihat banyak tidak absen maka pimpinan bisa menegur guru yang bersangkutan. 
Picture 10. Report Absen Siswa per Kelas  

Picture 11. Detail Report Absen Siswa per kelas 

  • Report Siswa per Tanggal: Memantau kehadiran siswa per hari, minggu dan bulan. 


Picture 12. Report Abses per Bulan 
Picture 13. Detail Report Abses per Bulan 

  • Report Guru Mengajar per Tanggal: memantau kegiatan guru jam mengajar harian, mingguan dan bulanan
Picture 14. Report Jam Mengajar Guru Per Bulan 

Picture 15. Detail Semua Guru Report Jam Mengajar Guru Per Bulan 

Picture 16. Detail per Guru Report Jam Mengajar Guru Per Bulan 
  • Report Guru Belum Input Absen 
Picture 17. Report Guru belum Input absen 

Picture 18. Detail Report Guru belum Input absen
  • Report Grafik Pengunjung: Report ini dapat mengetahui siapa saja yang sering akses di Akademik Online ini. 
Picture 19. Report Grafik Pengunjung 

  • Report Grafik Rata-rata Nilai Pelajaran 
Picture 20. Grafik Nilai Pelajaran 

Picture 21. Detail Grafik Nilai Pelajaran 

  • Pesan: sarana komunikasi keseluruh guru dan siswa 
Picture 22. Pesan 

3) Fitur / Modul Operator (Kurikulum) 
Fitur / Modul Operator ini sangat komplek karena semua kegiatan akademik diatur di modul operator. Dibutuhkan ketelitian dan kekompakan tim kurikulum dalam pengoperasian fitur ini 
a. Menu Master 
  • Ubah Password : untuk mengubah password default dengan password yang dikehendaki (gunakan huruf dan angka dalam pembuatan password). 
Picture 23. Ubah Password 
  • Ubah Foto : untuk mengubah sesuai dengan wajah operator. 
Picture 24. Ubah Foto  
  • Tahun Pelajaran: input setting tahun ajaran yang berjalan dan atau akan berjalan tahun ajaran baru. Untuk menambahkan ketikkan di kolom kosong dibawah dan klik Tambah 
Picture 25. Tahun Ajaran 
  • Pelajaran: input mata pelajaran yang nantinya akan digunakan guru dalam penentuan mata ajar. Untuk menambahkan ketikkan di kolom kosong dibawah dan klik Tambah 
Picture 26. Pelajaran 
  • Pekerjaan: input pekerjaan yang nantinya digunakan oleh orang tua siswa selaku profesi yang dijalankannya. Untuk menambahkan ketikkan di kolom kosong dibawah dan klik Tambah 
Picture 27. Master Pekerjaan 
  • Komponen Nilai : input kode ujian, komponen nilai dan jenis, nantinya digunakan oleh guru dalam hal penilaian ujian. Untuk menambahkan ketikkan di kolom kosong dibawah dan klik Tambah 
Picture 28. Komponen Nilai 
  • Agama: input agama untuk seluruh user, untuk menambahkan ketikkan di kolom kosong dibawah dan klik Tambah 
Picture 29. Master Agama 
  • Ekstra: input kegiatan ekstra kulikuler digunakan siswa dalam penentuan pilihan kegiatan ekstra, untuk menambahkan ketikkan di kolom kosong dibawah dan klik Tambah 
Picture 30. Master Ektra
  • Kelas: input ruang kelas untuk siswa dan guru, untuk menambahkan ketikkan di kolom kosong dibawah dan klik Tambah 
Picture 31. Penamaan Kelas 
  • Jenjang Pendidikan: input strata pendidikan, item ini digunakan oleh user orang tua, untuk menambahkan ketikkan di kolom kosong dibawah dan klik Tambah. 
Picture 32. Master Jejang Pendidikan 
  • Penghasilan: input besaran penghasilan, item ini digunakan orang tua dalam pilihan penghasilan 
Picture 33. Master Penghasilan 
  • Jam Pelajaran: input kegiatan belajar mengajar dalam jam pelajaran dari awal sampai selesai jam sekolah, item ini digunakan untuk guru. 
Picture 34. Input Jam Pelajaran

a. Menu Pendaftaran 
  • Registrasi Siswa : mendaftarkan siswa yang masuk kategori yang ditentukan. Registrasi siswa ini otomatis masuk saat mendaftar di PPDB Online, verifikasi dan lulus ujian. 
Picture 35. Daftarkan user siswa 
Picture 36. View user yang telah didaftarkan 

  • Orang Tua: Memonitor registrasi orang tua siswa apakah sudah memasukkan data yang dibutuhkan. Login orang tua adalah no induk putra-putrinya +13. 
Picture 37. Register orang tua 

b. Menu Akademik 
  • Roster Pelajaran: input mata pelajaran berdasarkan tingkat kelas. 
Picture 38. Input mata ajar berdasarkan tingkat kelas 
  • Wali Kelas: input wali kelas sesuai dengan tingkat dan kelas. 
Picture 39. Input guru wali kelas berdasarkan kelas
  • Guru Mengajar : input guru sesuai dengan bidang studi, untuk menambahkan ketikkan di kolom kosong dibawah dan klik Tambah. 
Picture 40. Input guru dan mata ajarnya 

  • Guru Piket: input jadwal guru piket pada hari dan tempat.
Picture 41. Input guru piket 

  • Roster Ekstra: menampilkan ektrakulikuler yang telah diinputkan 
Picture 42. Tampilkan ektrakulikuler berdasrkan tingkat kelas
  • Pelajaran Siswa : Melihat siswa dan kelasnya di bidang studi mata ajar dan berdasarkan tingkat. 
Picture 43. Tampilan Pelajaran siswa 
  • Jadwal Pelajaran : menampilkan seluruh jadwal pelajaran pada tingkat kelas yang dibutuhkan.
Picture 44. Tampilan Jadwal Pelajaran 


MBC INDONESIA 

Jl. Medayu Utara XVII Graha Indah D 12 Surabaya 031 81983228 

CP: MOCH IMAM HANAFI 08563024123; 081332939881

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar